UMKM Indonesia | 081217745513 Legalitas & Perizinan 7 Hal Penting Membuat Desain Kemasan Produk

7 Hal Penting Membuat Desain Kemasan Produk

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

7 Hal Penting Membuat Desain Kemasan Produk adalah Sebelum membuat label kemasan produk, kita perlu mengetahui hal apa saja yang harus ada di dalam label kemasan produk kita. Karena Sebagai standart produk yang tersebar di Indonesia. Selain itu, dengan adanya 7 komponen penting yang ada dalam kemasan produk juga akan sangat berguna dan membantu bagi masa depan usaha produsen itu sendiri maupun dari pihak konsumen.

Yang pasti banyak keuntungan yang di dapat jika kita mengikuti standart pembuatan label kemasan produk ini (kalau tidak mengikuti standart izin juga tidak akan keluar sih ^^). Berikut adalah 7 komponen penting dalam pembuatan kemasan produk.

Baca Juga : Cara Membuat Sertifikat Halal dan Penjelasan Tentang Sertifikat Halal

1. Nama produk


Setiap produk makanan harus memiliki nama produk tersendiri. Nama produk berbeda dari nama perusahaan yang kita miliki dan sebaiknya kita punya nama produk tersendiri yang menjadi ciri khas sehingga konsumen dapat mengingat produk kita.

Pemilihan nama produk sangatlah penting untuk masa depan usaha kita, karena dengan pemilihan nama produk yang sesuai bisa menjadi ciri khas atau idenstitas bagi bisnis/usaha kita dan menjadi pembeda dengan kompetitor yang lain. Salah satu keungguluan suatu produk di mata konsumen dan kompetitor juga bisa dilihat dari mererk/nama produk kita.

Nama produk sebaiknya dibuat dengan tulisan yang mudah dibaca dan cukup terlihat menonjol di banding elemen visual lainnya. Kalau bisa, buatlah nama produk yang terlihat eye catching dan mudah diingat. Hal ini dilakukan karena nama suatu produk atau merek adalah komponen yang penting untuk ddapat menarik perhatian dan menjadi pengenal produk kita di mata konsumen.

Baca Juga : Bagaimana Cara Pendaftaran Merek dan Penjelasan Merek

2. Nama dan alamat produksi


Alamat produksi juga merupakan menjadi salah satu yang penting untuk ada di label kemasan. Kalau kita memiliki Kantor dan Tempat Produksi yang berbeda maka yang harus di cantumkan/dituliskan pada label produk adalah tempat produksi produk kita. Kecuali kalau tempat produksi dan kantor ada dalam atau tempat.
Sebagai contoh, alamat kantor perusahaan kita ada di daerah Juanda sedangkan alamat produksi ada di Sidoarjo. Maka yang perlu dimasukkan atau di cantumkan dalam label produk adalah alamat yang ada di Sidoarjo karena itu tempat dibuatnya produk makanan kita.
Sedangkan untuk produk dari luar negeri atau impor, harus mencantumkan alamat distributor yang membawa ke Indonesia atau kalau di kemas ulang harus mencantumkan tempat pengemasan ulang produk yang dari luar negeri atau impor.

Baca Juga : 6 Strategi Bisnis Terbaik Untuk Mencapai Keuntungan Maksimal

3. Legalitas

Legalitas yang ada sangat penting untuk keberlangsungan usaha kita. Dari mulai perizinan yang dikeluarkani BPOM RI, Izin P-IRT yang dikeluarkan dinas kesehatan (dinkes) setempat, dan HALAL yang dikeluarkan MUI. Apalagi dizaman sekarang yang konsumen sudah semakin pintar dalam memilih dan tidak asal membeli produk.
Konsumen akan berpikir dengan adanya legalitas yang jelas dari produk kita berarti produk kita sudah melalui berbagai macam proses dan pengawasan dari pihak pemerintah sehingga legalitas di keluarkan untuk produk kita, hal itu akan membuat konsumen merasa aman untuk membeli dan mengkonsumsi produk kita.
Maka dengan Legalitas produk yang kita miliki akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat kuat untuk konsumen memilih produk kita, Karena produk kita memiliki kejelasan yang jelas dan aman.

Baca Juga : Pentingnya Memiliki Izin Usaha Mikro Kecil bagi UMKM – IUMK

4. Tanggal dan kode produksi


Kode produksi juga penting untuk supaya Konsumen dapat mengetahui kapan produk kita dibuat.
Kode produksi merupakan alat yang digunakan untuk ktia dapat mengetahui kapan produk itu di produksi dan dalam jenis produk yang sama apakah di produksi di waktu yang sama atau berbeda. Biasanya kode produksi berupa tanggal, bulan dan tahun. Tapi ada juga produk yang sampai mencantumkan jam produksinya.

Baca juga : Cara Lengkap Membuat IUMK dan NIB dengan OSS

5. Masa berlaku

Bagi Pelaku bisnis makanan wajib hukumnya untuk mencantumkan tanggal masa berlaku atau kadaluarsa produk yang kita produksi. karena hal itu akan sangat membantu dari pihak penjual maupun konsumen.
Bagi pihak penjual hal itu akan membantu kalau misal tanggal kadaluasa atau masa berlaku produk sudah dekat, maka pihak penjual dapat segera melakukan strategi untuk dapat segera membuat produk tersebut segera laku terjual, mungkin bisa melakukan diskon kepada produk yang akan habis masa berlakunya.
Sedangkan bagi pihak konsumen hal itu akan sangat membantu supaya terhindar dari mengkonsumsi produk yang sudah tidak layak dikonsumsi lagi. karena hal itu akan berakibat bagi kesehatan konsumsen juga.

Baca Juga : Cara Menghitung PPh Final (Pajak UMKM/UKM)

6. Berat bersih

Netto atau berat bersih pasti jadi sesuatu yang harus ada di kemasan produk kita. Karena selain konsumen melihat kualitas produk kita, konsumen juga biasa melihat berat bersih atau Netto sebagai pertimbangan dalam membeli produk kita.
Biasa kuantitas produk akan menjadi perbandingan dengan harga juga atanra satu produk dengan produk yang lain, karena hal itu akan berpengaruh juga terhadap kompetitor yang lain. Misal contoh dengan harga yang sama konsumen pasti akan memilih berat yang lebih banyak untuk membeli produk.

Baca Juga : Cara Mengurus Surat Izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga)

7. Komposisi produk

Komposisi produk merupakan informasi yang terdiri dari bahan baku yang digunakan dalam produk yang dijual. Mencantumkan komposisi produk haruslah akurat.
Informasi soal komposisi produk sangatlah penting untuk dimasukkan ke label kemasan produk karena hal itu berhubungan dengan informasi nilai gizi produk yang kita produksi. Selain itu, komposisi ini juga sangat penting bagi konsumen kaena mungkin ada konsumen yang alergi terhadap bahan-bahan tertentu.

Sekian penjelasan 7 Hal Penting Membuat Desain Kemasan Produk, Semoga bisa bermanfaat dan membantu. Terima Kasih

Hub Kami untuk Konsultasi tentang UMKM, Pajak dan Keuangan: Contact Kami

Baca Juga:

Baca Juga Strategi Bisnis :

12 Likes

Author: sidoarjosukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *